SATU HARI DI KYOTO - 02/02/2019

2/07/2019 11:16:00 PM

Ini cerita berangkat dari OSAKA ya. Karena males pindah2 hotel jadi kesini gak nginep.
Titik awal gue di KYOTO itu Stasiun Kyoto. (Beli kyoto bus pass buat 1 hari 600 Yen).

Ini cara pakenya,, dimasukin ke mesin pas pertama kali pake nya,, nanti di print tgl nya sama mesin itu.. berikutnya tinggal tunjukin ke supir bus aja.

Yaps! karena udah beli bus pass mari kita naik bus aja yaaa.. Rute dan timetablenya bisa search disini.  (btw naik bus lama ternyata,, klo diuber waktu mendingan naik train kmrn gue berangkat kesiangan,, jam 10.10 baru jln dr apartment,,, jam 12 lewat baru sampe kyoto - gue agak menyesal disini gara2 udah kesiangan trus naik bus T__T)

1. Fushimi Inari Taisha - dari stand C4 di Kyoto Sta. sejam cuman ada 2x  - entrance fee = gratis
Jalan agak lumayan dari bus stop. Enak disini,, kanan kiri makanan semuaa,,, 500 Yen rata2,, gue sempet jajan bbrp tapi yg kepoto cuman 2 ini,, karage sama cumi bakar. Ini toko pertama yg kita liat ngantri,,, jadi ikut2an antri deh hehehe... enak :p Tapi tokonya lupa enggak di poto,,,
Abis itu ada samcan bakar dapet 2 potong kira2 10cm x 5cm, sate wagyu dapet 4potong kira2 5cmx5cm, sama mi goreng...

Ini rame bangettt,,, hikzz... susah mau poto2 cantik... pengen poto di gerbang yg jejer2 banyak itu, jadinya begini yg poto gue sendirian,, hahaha... ENGGAK banget dehh..

Dari sini udah jam 2 an, cepet2 kabur ke Kiyomizudera. Makan siang nya cuman cemilan2 tadi yg kita beli.

2. Kiyomizudera - Naik kereta gara2 takut ga keburu,,
Turun bis beli matcha icecream dulu, 300Yen.
Aihhh iniiii nanjekkkk JAUHHH! Abis napas cuiii...
Tapi mnrt gue ini lebih bagus dari Fushimi Inari :p btw klo gak masuk ke kuilnya gak bayar.. jadi kita poto2 aja di luar :D lagi di renov juga kuilnya,,
Peta Kiyomizudera nya sbb,, maap klo ga jelas..poto brosur pake hp soalnya :p
3. Kinkakuji - Jalan jauh bener dari kiyomizudera biar naik bis nya gak ganti2 - Entrance fee = 400 Yen
Ini kesalahan pertama, jln kejauhan capek dan lama (mestinya ganti bis gpp, toh gratis ini) Udah gitu ini bis jalannya lelettt bangetttt....lama hampir 2 jam...Nyampe sono 16.57, kurang 3mnt lagi tutup... jadi cuman sempet cebokin anak gue yg eek aja sama poto di luar,, kagak keliatan kuilnyaa T__T padahal gue pengen banget kesini,,, sedih dahhh...
4. ARASHIYAMA - Naik bis 59 dari kinkakuji,, nyampe sono dah gelapppp... hikzzz
mau tenryuji(500Yen + 300Yen) sama iwayatama (500Yen) jadi kagak jadii... ke bamboo grove aja ngeri udah gelap,,, mana sepi lagii... jln blom sampe udah balik lagi,... mau ke GION aja dehh....
5. GION! Naik bus 11,, eh tapi kebalik arah... yauda deh brenti di terminal baru naik lagi bis 59 ke arah GION,,, eee belom sampe gion anak gue eek lagi,,, trus petakilan di bus sampe dimarahin smaa supir bus nya,, akhirnya kita stop di SANJO,, rame juga sih,, tapi ini bukan GION. Cebokin anak trus makan KFC (gak enak, gak ada yg krispi,,, adanya honey sama original) abis itu balik OSAKA T__T. Sampe stasiun KYOTO udah jam 9 malem. Jam 11 lewat baru sampe apartemen lagi.
Acara hari ini gatot gara2 berangkat kesiangan dan naik bus jalannya lelet (next time mesti brangkat pagian dan jgn naik bus).

Sebenernya ada paketan tour dari osaka ke kyoto ketempat2 yg gue mau,,, jln dr osaka jam 7.30 pagi dan balik osaka lagi jam 6.30 sore, tapi  harganya 15rb Yen/Orang. hahahhaa...

Sedangkan pergi sendiri,, gue cuman abis segini buat berempat. BEREMPAT. lol
Kalo mau ditambah masuk2 kuil paling nambah sbb perorang.
Kiyomizudera (400)
Kinkakuji (400)
Tenryuji (500+300)
Sanju-San-Gen-Do (600)
Togetsu-kyo bridge (gratis)
Fushimi inari taisha (gratis)
bamboo grove (gratis)

Bedanya banyak yaa klo pake tur sama pergi sendiri :p