2023 06 25-28 GENTING DREAM CRUISE ~ PART 2

7/05/2023 01:17:00 AM

Lanjutan dari PART 1.

Day 3 ~ 27 Jun 2023

Bangun pagi pake baju rapi, krn mau ke temple. Celana panjang,, sepatu... Menghormati rumah ibadah.

Dimulai dari sarapan di Lido hari ini..

Dan.... Sarapan pagi ini dikejutkan oleh BAKPAO! hahahaha pedes banget astagaaa. Pas pulang liat namanya,,, Bakpao isi sambal ikan bilis!!! ya ampun ini asli pedes wakakakkaa kaget gue,, Pedesnya kayak apa yaa.. pedes deh gue kepedesan.

Liat keluar dari Lido,,, hari ini ada pelangii donggg.. gede dan jelas bangettt... cakepp...
Waduh gak bawa payunggg,, gimana nihh ujan...?
Ternyata pas gue keluar d luar ga ujan.. dan kalopun ujan,, keluar kapal dikasi jas ujan for free kok,,,
Inget yah,, keluar ga bawa paspor... jgn sampe ketinggalan kapal,, rempong ntar ngurusnya hahaha...

Keluar kapal,,,, di luar ekspektasi sih,, bayangan gue akan ngantri klo turun dari kapal,, ternyata sepi2 aja tuh... gak ada antrian at all.

Bisa poto2 sama kapalnyaa...

Lumayan juga jalannya,, ada sekitar 700-800 meteran ke luar.
Nanti begitu sampe luar bangunan kita d sambut sama tukang taxi hahahhaa... hmmm kmrn kita pake jasa taxi yg ada di dalem port,,, untuk 3 jam mobil 6 seats @240MYR. Kalo 4 seats @150MYR. Ekspektasi pengen drivernya uncle2 chinese, tapi dapetnya org timur tengah sepertinya. Gak oke ah drivernya. males, telponan mulu, gak tulus gitu gak asik lah.

Mau ke Kek Lok Si temple sama tempat yang femes2 Sir.
Lumayan lama sktr 30 mntan perjalanan.. Dsini masi banyak motor tua dan terawat... :D Di jakarta Uda jarang banget ada yg naik motor beginian.
Oke dibawa kita ke Kek Lok Si,,, ditanya drivernya mau keatas apa d bawah aja? yauda kita bilang ke atas... bayar nih 3 MYR. Later on baru nyesel kenapa ga minta yg bawah juga,, soalnya d bawah masi banyak pagoda bagus2,,, T__T hikz... Bapaknya ga info apa2. Dan bloon nya gue juga gak tau hahahaha...

Ini sih cuakepp banget view nya,,,, dari atas sini... Krn dia agak d atas tempatnya.

Dasar ya taxi turis,, kita di bawa ke AK coffee..Muahal2 barang dsini..
Coklat bungkus kecil aja 33MYR alias cepek ceng bahahaha... 5 mnt an deh keluar beli kopi 2 sama coklat 1. Kopinya se plastik itu 52MYR,, kopi instan rasa2.

Dari sini dibawa ke Tean Ean. Tempat oleh2 juga... Dsini lebih banyak yg bisa di beli,, dan harga lebih masuk akal.
Beli lumayan byk disini... Termasuk minyak urut lol. Kata nyokap ini panas,, uda mandi masi panas.

Dari sini kita ke upside down museum. Gue pikir outdoor trus ada rumah terbalik  bisa buat foto2,, ternyata ini masuk ruko,, bayar adult @36MYR dan kids @26MYR, Noella Gratis. Hmm.. gak bisa nolak, krn si Charles udah terlanjur kepengen pas drivernya bilang upside down.

Konyol deh,... ini masuk2 lepas sepatu,,, FOTO FOTO FOTO terusss. Sistemnya masuk 1 ruangan, pasang gaya,, dipotoin pake hp kita,, trus kita masuk ruangan ke2,, nanti org berikutnya masuk ke ruangan 1.. Jadi ga empet2 an.. rapi antrinya... Bener2 gak kepikiran bakal kesini...

Ini semua spot poto yg ada dsana ya. Klo kalian kesana ya potonya begini kira2.

Bonus... toko kelontong. Wakakaka gue pikir ini spot poto berikutnya,, abis gue poto ai nya keluar,, ternyata dia jualan HAHAHAHAHA...
Dari sini gue masi punya waktu,, harusnya bisa liat MURAL. Tapi supirnya ga mau donggg... tadinya mau poto sama at least 1-2 mural lah gitu. ih KZL. Langsung dibawa balik ke port... masi sisa waktu 20mnt T__T.

Yah udah deh gpp... Kasi tips nya sisa recehan semua  kasi dia hahaha.. gak banyak sih sktr 10MYR,, ga seru abangnya huh.
Ini depan portnya. Harusnya klo cari taxi dsini byk dan  lebih murah drpd d dalem, tapi ga tau juga sih.. blum cobain hahaha.. ada tukang becak juga klo mau yg deket2.

GERIMISSS!! hahaha tapi gpp masi bisa sih poto2 dikit :p
Trus jajan dulu di Point (kayak indomaret gitu) Jajan ice cream sama permen,, minuman dll..
Okeh,, abis ngemil balik kapal...  Maksi di kapal aja biar gratis hahahaha...

Ini dong konyol,,, hari kemaren tuh lunch di bluelagoon bisa free,, Hari ini kita ke bluelagoon buat lunch... Kok tapi aneh sepi,,, kita tetep masuk aja,,, pas masuk d sodorin menu,,, lho kok menu ya? ini bukannya free?

Trus mas nya bilang enggak,,
kemaren free kok mas,,, (mas nya orang jawa lagi bahahaha)
Oh iya bu, beda2 tiap hari.. hari ini ga free lunch nya,, malem nanti baru free.
ohh yawes oke,, ini aku keluar lagi gpp kan mas?
Inggih bu mboten nopo2 jawabnyaa..

Buahahaha maluuu dehhh... jadilah kita pindahhh... Jadi inilah alesannya mesti perhatiin tempat dining tiap hari di RW daily!!!

GD Upper. Yang ini makanannya 10/10 deh. Enakkk hahahhaa.. dan bebas nambah :D

Perut kenyang,, yuk lahh berenang lagi hahaha...
This time semua berenanggg...
Bahahaha Noella ga mau masuk hot tub,, ga demen dia air panas. Dsini maks 5 orang harusnya :p tapi krn noella ga nyemplung jadi gpp kata mas nya :p

Tengah lagi berenang ada klakson klakson berisik banget.. ternyata ada dia nihh... si spectrum.
Jadi dari SG ada cruise cuman 2 ini aja.. Genting sama spectrum.
Ahh hari ini enak bisa titip bocil ke emak... gue sama suami bisa main slideee... hahahaa
Ada 5 slide nya... 3 jenis.. kita cobain 3 3 nya,,, yg ungu kuning ini dongg..  sepi.. ternyata.. dia curam banget hahaha... kayak di jatohin dari atas kebawah. astaga. kaget hahaha...
Susah napas juga krn kan di dalem slide ada air,, muncrat2 airnya ke muka... klo napas airnya masuk lol. Jadi tahan napas aja deh bbrp detik :p

Udahan renang jam 3:30 an kita siap2 pake sepatu mau main, Tapi ternyata wall climbing sama adult rope course nya tutup krn angin gede Y___Y syedih deh akyuuu...

Bocil aja deh yg main. Main kids rope course sama mini golf.

Sembari ngguin jam dinner. Ini panas banget sih di atas sini. Pdhal uda sore...

Jam 6 an baru kita balik lagi ke bluelagoon buat dinner.

Dan ini enak banget lagii hahahaha 10/10, cuman ini agak lama serve nya. masi sama ya ini modelnya langsung di hidangkan makanan sesuai menu... dan boleh nambah teruss...
Noella uda molor lagi,, jadi ngebungkus nasi sama ayam goreng + samcan. hahaha.. dia mah selalu deh jam makan ngaco.. klo ngantuk pokoknya kudu tidur dulu.

Abis ini mo ntn show udah telat,,, kita ngintip dl kayaknya ga menarik,, jadi keluar lagi dehh...

Bingung mau kemana lagi... kita ikut acara di lobby,, tentang laut. Ada games2 tebak2 gitu.. Si Charles ikut bbrp kali tapi gak ada yg menang. Abis itu ada bingo.. gue ga mudeng ini main apaan.. uda kabur aja balik kamar. :p

Oiya hari ini jam 22:00 koper di kumpul di luar kamar buat yg ukuran gede2,,, nanti dibawain ke luar.
Jadi suami gue ambil barang emak2 ke lt 12 buat di bawa ke kamar kita dan gue pack.
=========================================================================
Last Day ~ 28 Jun 2023

Sarapan terpisah lagi,,, hahhaa gue ama bocil bangun siang biasaa...
Bangun2 bukannya siap2,, malah ada yg ngumpet d kolong meja. Krn dia ambil sunglass ko2nya,, dan ga mau ko2nya ambil balik. hahaha.. cute banget sih kamu nonnn... Uda dibawain sunglass satu2,, tetep aja rebutan punya ko2. >.<
Hari ini sarapan terakhir.. di crystal life. Ini sarapan STD banget. Sosis, telor, bacon, salad, bread,cereal. hahahaha.. nothing spesial. Ngambil timun sampe 4 piring nih gue dsini. ga tau ini anak2 kenapa pada doyan timun sih.

Yang ada di piring gue itu semua gue bungkus wakkakakaa,, trus gue ngambil lagi. Krn uda mau pulang,, jadi jaga2 siapa tau bocil kelaperan.

Abis makan ini nggu jam check out... 12:30 estimasinya,, gue book flight jam 16:10.
TERNYATA DONGGG!!! jam 12:30 itu baru docking wakakkaa.. dan dikasi jam check out tiap deck beda2 biar ga antri. Deck atas2 check out duluan,, deck bawah belakangan,, paling telat jam 15:00.

Yah gue nyantai2 dulu ya poto2...

Kita main2 keliling kapal,, liatin the PALACE,, tempat yg paling mahal dsini,,, hahaha kartu nya warna gold. Makanan nya enak2,,, trus ke zouk tempat foam party.

Dari sini balik kamar,, krn bosen,, coba deh check out skrg aja.. masi jam 1:00,, harusnya 1:45 kita.
Pas keluar BEHH! Ternyata gak ada yg ikutin jam, semua keluar diwaktu yg sama,,, Suami gue ngomel2,, gegara kita poto2 antrian udah puanjangg bangettt.... Tadinya dia mo coba langsung keluar pas awal2,,, Tapi ga jadi krn gue bilang tggu aja,, :p

Tapi Tuhan baik deh,, dari mulai satu antrian depan gue,, di bukain pintu lainnn... HAHAHAHA sungguh HOKI! jadi cepet donggg.... Secepet2nya,,, masi harus lewat imigrasi,,, lagi2 kids ga bisa lewat autogate. JADI LAMAAAA.... baru bisa keluar ke taxi stand jam 2:30. Kan bener aja kelaperan. Noella sih bobo,, Charles gue suapin pake makanan yg tadi gue bungkus. Gue sama emak gue makan roti2an,, sama hasil bungkus di tempat sarapan tadi. :p

Nggu taxi lama benerr... lagi2 hampir sejam, tapi kali ini antrian agak bykan sih 8-10 an orang lah.
Sampe bandara jam 4 lewat,, blom bisa check in. Oiya ini pesawat gue reschedule dongg! ke 20.15! Another blessing. Klo kaga kita uda ketinggalan pesawat oi.
Taxinya cost 21S$ hari ini. Janjian sama suami di foodcourt bawah T3 (krn citilink di T3), arah ke MRT.
Lagi2 bisa ketemu dengan mudahnya lol. ada bakat nyari tempat apa emang we're too connected? lol.

Makan dulu deh luaper banget.
Makanan thailand lol.
Ga ketemu makanan yg better dari ini sih.
Iyes gue makan mango sticky rice wakakakkaa.. enak juga sih. Pesen 3 nasi ayam panggang, 2 sop daging, 1 manggo sticky rice, sama 1 milk tea abis 50S$ an,, lupa nama restonya,,syulit soalnya.

Dari sini masih bisa main slide gratisan.
Trus sempet ke fairprice beli oleh2 dikit.
Nungguin jam check in

Nahh begitu check in nihhh.. onenggg... gue book tiket pake nama KTP!! Beda sama paspor... astagaaa...gue lupa edit data penumpang di tiket.com. Lama lah kena mesti approval ke security dan police. Katanya kriminal klo di lolosing gitu aja. MEsti approval sama atasan yg bertugas. 30mntan nih nggu,,, pdhal suami mo ketemu tmn nya di jewel jam 5.30. Ini udah hampir jam 6.

Akhirnya bisa,,, dibantuin sama petugasnya,, di oke in, gak harus beli tiket baru.

Suami gue langsung lari ke jewel, gue jln pelan2 sama yg lain.
Wah nyesel makan dsana tadi wakakkaa,, dsini jauh lebih enak2 makanannyaa...

Jewel sih makanan nya enak2,, boleh nih kapan2 makan dsini. Ada toko irvins,, ada don don donki (yg barang2 jepang).

Mo lanjut poto2 ama jajan di dondon donki,, tapi kasian emak gue ini jalannya jauh mayan.... Klo gue ama suami ama bocil doang sih 15mnt uda bisa nyampe dari jewel ke gate B7.

Uda jam 6.45,, masi di jewel...mesti jalan balik ke gate. jam 7.15 mesti uda nyampe.. Jalannya lumayan jauh buat nenek2 dan bocil. bener aja... sampe sono jam 7.30 hahahhaa... Uda ga sempet liat2 bisa beli apa lagi. Untung di delay dikit 7.45 jadi boardingnya.. masi ada sisa 15mnt,, suami gue pas dateng juga,, jadi gue lari bntr ke liquor shop, buat beliin tmn kantor hahahaha.. 10mnt kemudian gue uda balik. langsung masuk gate, si Charles ama Noella dari kmrn heboh bener minumin air keran.. ini uda masuk gate... tetiba kebelet pipis donggg.. mana gakada toilet di dalem... mesti keluar,, cek xray ulang pas masukkk... haisss

Untung tadi sempet ke fairprice bentaran,,, pas  bgt di bawah tempat check in di T3 row 9. Deket resto yg kita makan juga...

Sama suami juga ada sempet beli bbrp snack di MRT pas otw ke Changi.

Dahh masuk pesawattt... dapet makanan dongg hahaha uda bagasi juga dapet 15kg/org. Pdhal ini klo bandingin sama airasia harganya mirip,, airasia blom dpt bagasi,, blom dpt makan.. jauh lebih enak naik citilink :p Yah meskipun bukan makanan yg enak banget gimana,, cuman nasi goreng... tapi ok lahh... kita uda laper lagi nih tadi makan jam 4 sore. skrg uda jam 9 malem.
Dipesawat,, ternyata si Noella anteng kmrn cuman krn ga ada bapaknya aja.. skrg ada bapaknya jadi begini nih.. gak mau duduk astaga.
Dan si Charles ngobrol sama anak orang SG yg kerja di Jakarta,, ngebahas MINECRAFT! ya elahh.. bisa ga brenti2 lhoo.

Oleh2 nyaa... GUOSONG! hahaha
Besoknya balikin travel wifi tgl 29 Jun via indomart,,, GRATIS!

Dan.. tgl 4 Jul 2023,, duid refund nya uda di transfer.
Detail harga Genting dream cruise 4D3N - SG-KL-PENANG-SG (6 orang) - ratain aja ya kurs 11.200

Cruise : 22.173.436 (ini harga inside stateroom)
Gratuity :  4.435.200
Internet : Travelwifi : 110.000 + internet kapal 1 device : 403.200
Tiket pesawat CGK - SIN - CGK : 15.467.909
Taxi CHANGI - VIVO - MARINA - CHANGI = 627.200

Total : 43.216.945 (+- 7.2jt per orang)

Ini harusnya bisa jauh lebih murah sih,, pinter2 cari promo aja sama tanggal.
Cek website resmi, cek klook,, klo uda dapet tgl murah baru cek travel agent. Bandingin harganya. soalnya klo langsung ke travel agent kan susah ya mau cek tgl murah mesti tektok an sama CS nya. Jadi mending cek dulu sendiri,, baru klo uda dapet tgl cek ke travel agent... biar  CS nya ga puyeng juga bulak balik cek in buat kita yg blom tentu beli kan. hehehe

Btw jgn lupa pake incognito yaaa.
Trus tips bawa anak JJ.
1. Cukup makan
2. Cukup tidur
3. Jgn kebanyakan ekspektasi, jadi bikin jadwalnya jgn terlalu packed. malah runyam klo gak keburu semua.
4. Jgn terlalu saklek ama bocil,, di loose dikit biar gak rese...Klo misal anaknya ga mau makan, yauda bungkus aja jgn dipaksa makan,, bisa darting hahaha nanti laper baru kasi makan.
5. Barang bawaan sesuai in aja sama hidup sehari2 biasanya... misal sehari ganti baju brp kali pake sabun apa dll...dan juga samain klo kalian pergi2 di dalam kota.. misal tisu basah ,tisu kering, baju ganti, botol minum, kotak makan kosong. Kalo emang biasa sehari2 bawa stroller ya bawalah,,, klo enggak ya ga usah. KECUALI mo pergi winter ya.. wakakaka jelas mesti beda bawa bajunya.

Tips naik Genting dream cruise?
1. Cari harga tiket terbaik, gak usah buru2.. selow aja. bisa langsung web nya, bisa klook, bisa travel agent. Travel agent mgkn lebih enak rkn kita bisa reach nya cepet. mau nanya2 juga cepet.
2. Perhatiin aturan di cruise, biasanya ini panjang.
3. Cek ulang apa aja yg gratis dan enggak. Kalo dcase gue skrg perlu perhatiin tempat dining yang ganti tiap hari. Sama acara apa aja yg bisa kita ikutin... ada di RW daily tiap hari. Klo fasilitas yg gratis dan tetap udah ada tadi ya di part 1.
4. Cari tau untuk ikut activity tertentu butuh pake baju apa,, kayak mau wall climbing harus pake sepatu.
5. Klo mau keluar kapal, bener2 perhatiin waktu,, jgn sampe ketinggalan. Port klang ke KL itu 60Km alias 2 jam perjalanan. Klo penang sih masih oke krn dia kecil.. kemana2 deket.

Oiya klo naik mo pilih tiket pesawat,, perhatiin perbedaan bagasi dan makan. lol. airasia sih zonk banget ga ada bagasi gak ada makanan.. scoot juga... cek sendiri dah ya wakkakaa