BAYI ALERGI

1/30/2018 09:30:00 PM

Ini pengalaman pribadi saya.

Anak saya lahir dengan rambut yg lumayan tebal, mau di botakin pas udah sebulan sayang benerrr...

Tapi keadaan berkata lain,ini anak belakangan tidur teriak2 terus... di elus2 kepalanya sama papinya, ternyataaaa... bentol2 merah sodara2,,, jadi dibotakinlah dia T__T sayang padahal rambutnyaaa,...
Tapi gpp, ternyata ganteng juga botak wkakakakaa...  bersih.

Belum selesai sampai di bentol2 di kepala, dia juga suka mual2 bahkan di bbrp kejadian sampe muntah2.
Dan muntahnya itu bukan gumoh ya, klao gumoh gak nyeprot, kalau muntah itu nyemprot. Dan muntahnya itu banyak banget T__T 

Selain itu di muka bisa merah2 kayak gini, itu pipi udah kayak jamuran kasian bener. Di perut juga ada lho.. pulau2 gitu merah2 kayak panu tapi pinggirnya merah, tapi ga sempet ke foto.
Ada lagi di alis nih, cradle cap tiba2 nongol.. saya kira ini jamur. Dan saya panik takut kena ke mata, ternyata cuman cradle cap sodara2... itu kayak kerak yg di kepala, ini nongol di sekitaran alis.
Dokternya anak saya namanya Dr. Vimala di RS Grha Kedoya, karena anak saya full asi, dia cuman bilang "Coba mamanya diet dairy product" Oh noo.. thats my fave. 

Anak saya memang sudah gak mual2 setelah saya diet dairy, tapiii... tetep merah2 dan tidurnya masi suka ga tenanggg...

Sama dokter Vimala dikasi lacto B/ interlac buat bantu pencernaan nya dan disuruh ke temen nya dia yg lebih jago ke pencernaan bayi namanya dokter Ariani, sama2 di Graha kedoya juga. Ini beda banget sama dokter Vimala yg santai kayak dipantai.

Serem ngomongnya, anyway she's good.
Dia ajarin saya catet semua makanan saya selama 2 minggu tanpa makan telur dan dairy. Dan dia bilang kalau alergi gak selalu seafood/ debu/ telur/ semua yg terkenal, tapi NASI aja bisa bikin alergi.
Setelah 2 minggu, bukannya tambah bener malah tambah parah.
Trus kata dokter arianinya "Ibu kalau ga bisa diet nanti anaknya diputus dari ASI dan saya kasih susu anti alergi, karena kalau berkelanjutan bisa menghambat pertumbuhan anaknya"

JLEBBB!!! 

Yaudah saya koreksi sendiri dah itu makanan saya yang sudah saya catat se detil2 nya kayak gini, Ini beneran makan ayam sampe mabok, satu hari satu ekor ayam karena katanya ayam yg kemungkinan laerginya paling rendah. Ayam udah oke, tambah sapi. Sapi oke, ehh ga berapa lama itu merah2 lagi...
Selidik punya selidik ternyata dia alergi sama JAGUNG! Liat aja tiap kali saya makan jagung dia selalu menunjukan reaksi alergi.

Dan bener aja setelah gak makan jagung, anak saya aman sodara2. Mulai deh tambah2 in lagi makanan.. coba lagi nambah pelan2... udang, ikan, cumi, dll dll. Cara coba nya satu2 ya,, terus di catet...  

Dan ternyata ketemu lah bbrp makanan yg anak saya alergi :

1. Telur = Mie basah, mie telor, indomi yg korea2, kue, roti, telur bubuk
2. Jagung = Minyak jagung, pati jagung, maizena, popcorn, bakwan jagung, jagung muda, sirup jagung, happytos
3. Ubi = ubi rebus, keripik ubi, kolak ubi
4. Singkong = kerupuk singkong, singkong balado, pati singkong, tapioka, singkong thailand, keripik singkong, kusuka, qtela, kingkong, yakult
5. Kentang = perkedel, pati kentang, kentang balado, taro, chitato, lays, mister potato, piatos
6. Kacang = gado2, ketoprak, enting2, teri kacang, coklat kacang, selai kacang
7. Dairy = susu, keju, yoghurt, whey, susu bubuk, 90% dari biskuit, butter, roti, kue
8.Pisang = ini dulu saya gak bisa makan pisang, tapi skrg saya udah bisa makan pisang. tapi kalau dikasih langsung ke anaknya, dia masih alergi sama pisang. kira2 usia 6M lah dia bisa terima asi saya yg mengandung pisang.

Dan hikmah dari semua pantangan makan ini adalah, berat badan saya turun sampai 7Kg dari berat saya sebelum hamil. Puji TUHAN.

Kmrn sempet denger2 dari youtube bahwa alergi itu beda sama in tolerance.

"Kalau alergi melibatkan sistem imun tubuh,, sedangkan kalau  intolerance, hanya belum bisa mencerna jenis2 protein tertentu ajaa...."

Dan sepertinya anak saya ini cuman intolerance,, dan suatu saat nanti bisa jadi tolerance :)
Soalnya skrg aja udah mulai mendingan...

Ini sama dairy product dia udah gak terlalu masalah, gak sampe muntah2 lagi.
Paling cuman agak eneg dikit. oiya efek alergi/intolerance bisa macem2 ya, bisa kulit gatel2, bisa merah2, bentuk merah2nya juga gak cuman 1 macem, bisa juga muntah2, bisa juga kalo ke pernafasan jadi alergi asma (Ini kata mami saya, dulu saya kecil klo alergi jadi asma), bisa juga perut kembung, dll dll.

Jadi ya ibuk2,,, kalau anaknya alergian/intolerance an silakan pakai cara saya, efektif sekali :)
Jadi gak perlu menghindari makanan yg sebetulnya gak perlu dihindari.
Kasian anaknya nanti vitamin nya gak komplit.

Soalnya kata dokter Vimala, kalau bayi di tes alergi kasian, karena disuntiknya kan 20kali ya di tangan Y__Y saya sih gak tega. Pakai cara saya uda bisa ketauan kok alerginya sama apa aja. 

Kalau lagi gak alergi anak saya ganteng dong nihhh,, tadaa.... sehat.. lincahh,, pinter,,, mukanya bersih,,, skrg dia 9M10D udah bisa jalan sendiri 6 langkah, abis itu ngusrug lol.


Aster - 31 Jan 2018 ^^

1 comments

  1. Trmksh mom brmnfaat sekali tipsnya.. sblmnya sya juga sempet galau krn anak sy mngalami hal yg sama kya anak momy kena cradle cap di area alis. Kta dsa sy itu alergi. Tp sy blm cek ank sy alergi mknan apa.

    ReplyDelete

You Might Also Like

Join this site