SELF BAKING!

9/27/2017 01:54:00 AM

Having an allergic is really something!

Gue yg makannya banyak, segala macem makanan dilahap, tiba2 punya anak yg alergian!
Yakkkk KELAPERAN TINGKAT TINGGI KARENA GAK BISA JAJAN!

Selain alergi dairy product, anak gue juga alergi jagung, kacang2an, telur, micin, singkong, ubi, pengawet, dan entah apa lagi T__T

Gileee,, biasa makanan seabrek di atas meja, skrg cuman bisa bawa makanan dari rumah nasi + lauk untuk makan pagi dan siang. Kira2 kayak gini makanan gue tiap hari, klo ga daging sapi ya ayam.. ampe bosen ampe mabok, makan aja itu terus.

Lalu cemilan nya???

Ga adaaaa.... Y___Y

Roti mana yg ga pake telur?
Gula ada gula jagung, minyak juga ada minyak jagung, tepung pun ati2 tepung jagung.
Cemilan di indomart semua pake susu, atau kalo chips pake msg!
CRAP!

No other choice, I bake my own cemilan!!!

Pertama bikin COCONUT COOKIES! dikasi resep sama tmn komsel.
GAGAL TOTAL! bikin cookies lah mentega dan gulapasirnya di panasin T__T dasar ASTERRRRRR!
klo bikin kue kering adonannya ga boleh hangat, apalagi basah. Hasil pertama, rasa terigunya masih berasa banget, kayak cookies ga mateng T__T gaya2 an lagi dikasi rasa2... yg kuning resep asli, yg coklat ditambah cocoa powder,, ada lagi yg rasa rasberi,, kasi selai roti. hahahhaa adonan jadi basah gara2 itu selaiii... SOTOY sihhhhh...
Percobaan kedua untuk cookies yg sama  udah mulai bener, cuman kelapa parutnya keburu basi karena beli skrg, 2 hari kemudian baru mau di masak :D hehhee... tetep aja pinternya masih ada yg sisa ya! kata si mbak inem, owalah ndukkk... kelapa parut itu kalo mau dimasak baru beli, jgn beli dulu masaknya kapan2, ya basi ndukkk....

Secara teknik udah pinteran dikit, gak di lelehin lagi menteganya. Jadinya garing enak, gak bau terigu lagi. Tapi kaloo soal bentuk, sama aja sih dr pertama sama skrg, sama2 buluk hihihi...
Bahan2nya sbb :
Mentega (Bukan butter, gue pake blueband biru)
Gula halus jgn gula pasir, nanti ga rata.
Vanila

Terigu
Santan bubuk
Maizena (gue ganti pake sagu)

Kelapa parut

Klo mau detail nya komen aja ya di bawah nanti di reply.

Selanjutnya bikin BROWNIES KUKUS!
Kira2 anak gue uda bisa makan telur, ngetes dulu.
kali ini kelupaan banget poto, udah kalap, sisa 2 iris.
INI JUGA GATOT! Gara2 harusnya pake meises yg notabene ringan dan gampang ditabur. dan dengan belagunya karena gue ga bisa makan meises.... lagi2 gue ganti pake selai rasberi! OMG! kue nya amblek! yg udah ngembang jadi bantet setelah dikasi selai rasberi. HANCURRR!

Ini meisesnya harus ditabur waktu adonan setengah mateng, sebelum atasnya ditambah adonan lagi.. jadi biar tengahnya ada meisesnya gitu. Dan ga boleh lama2 dibuka kukusannya,, sedangkan selai rasberi, begitu jatoh kan berat tuh, langsung ambles... mau diratain ga bisa...klo meises kan tinggal ditabur aja pake tangan dan dia ringan.

Bahan2nya sbb :
Mentega
Coklat masak

Terigu
Baking powder
SP
Gula pasir
Telur
Coklat bubuk

Meises.

Tapi ternyata anak gue alergi telurrrr,, aduh kasiann,,, langsung merah2 dan sakit perut tengah malemm T__T

Usaha lagi,, kali ini bikin NASTAR! hahayyy... satu rumah suka nastar...
padahal belum niat2 amat bikinnya, si mami udha beli nanas hahaa.. yg botak nanas mami,, ,, dia kirian cukup 1 nanas,,, akhirnya gue beli 1 lagi yg lebih gede,,, mestinya ga usah nanas ini sih,,, klo buat dijual,, rugi soalnya mahal nanasnya,, klo buat makan sendiri sih boleh, udah manis, jadi irit gula.
Wah, kirain sejem kelar bikin nanas doang,,, ternyata 4 jem! HAHAHHA... sampe kering kecoklatan.

Bikin nastarnya minggu depannya pas libur.

Bikin nastar 1Kg - terigu.

1/2Kg gue bikin pake wisjman biar orang rumah pada bisa makan.
1/2Kg nya ga pake wisjman dan ga pake telur

Bahan2nya

Blue band
Wisjman (gue ganti blue band biru)

Terigu
Gula halus
Kuning telur (gue ganti minyak goreng dan sagu)
Susu bubuk (Gue ganti NON DAIRY CREAMER)

Bikin seharian coii,, pegel gulungin nastarnyaaaa T___T
3 susun begini = 1/2Kg, ini lama banget matengnyaaa 80mnt an pake 180 derajat. Jgn lupa dituker2 posisi loyangnya, klo engga nanti yg bawah kosong bawahnya dan yg atas gosong atasnya.
Udah cape bikin, baru mikir,, itu creamer bisa kentel pake apa ya? jgn2 pake jagung??#%@%@%
DAN BETUL SODARA2, SI CREAMER PAKE JAGUNG!!!!

Udah pegel, gak bisa makan! SEDIHHHHHHHHH

Mau bikin lagi, tapi males bikin nanasnyaaa 4 jammmm....

Besoknya gue bawa ke kantor dan tmn gue blg, ini yg ga pake telor sama wisjman bisa nih dibikin putri salju, tinggal kasi gula alus.Wahhh,, kebetulannn!!! ga usa pake nanas.

Minggunya ga pake lama, langsung bikinnn.
bahan2nya sbb:

Blue band
Wisjman (gue ganti blue band biru)

Terigu
Gula halus
Kuning telur (gue ganti minyak goreng dan sagu)
Susu bubuk (ga pake dan ga diganti apa2)

Hmm,, adonan agak susah di bentuk, entah kurang apa... belum nanya sama ahlinya,,
Yg gampang di bentuk aja gue tetep susah bikin cantik, apalagi ini yg susah dibentuk hahaha,,, bulukk..........yg bikin si puputtt (ade gue)
Sama lamanya ngopen nyaaa... 80mnt an...
Dann... tadaaa... akhirnya gue  punya cemilannnnn....dan enakkk,,,cuman agak kemanisan, kata mbak tukang roti suru pake gula donat jgn gula alus, tp gue bgg,, emg gula donat bukan gula alus?? Klo kue nya si uda enak hehehe gak manis,,, gulanya gue kuramgim dari adonan nastar...
Kalo ada resep cemilan enak gapake telur tolong info yaaa :D biar cemilan gue lebih berwarnaaa ^^v

Btw ada sih di wikihow ttg cara2 mengganti telurr,,, udah gue print dan tempel di buku resep gue, tp klo ada yg resep aslinya ga pake telur boljug :D

Terimakasih.

Aster - 27/09/2017

0 comments

You Might Also Like

Join this site